Sabtu, 21 November 2009

tips dan trick bag 2

Shortcut dan folder tanpa nama

Anda pengen punya folder atau shortcut pada Windows 95/98/NT/2000/NE, tapi tidak terlihat namanya ? Caranya klik kanan lalu Rename pada folder atau shortcut yang ingin Anda ganti namanya. Kemudian ketikkan [Alt] + [0160] (ini adalah karakter spasi yang tak terlihat). Pada penulisan 0160 tersebut, Anda harus menggunakan angka-angka yang ada di keypad numerik (bagian kanan keyboard).

Menuliskan nama di Taskbar

Pengen nama Anda tertulis pada Taskbar Windows ? Anda bisa melakukannya ! Pertama, klik menu Start/Settings/Control Panel. Setelah berada pada Control Panel, klik ganda icon Regional Settings. Pindah ke tab Time. Pada kolom AM symbol dan PM symbol, ketikkan nama Anda, tapi maksimal 8 karakter termasuk spasi.
Membuat folder yang tersembunyi

Anda bisa membuat sebuah folder yang tersembunyi, baik di dalam DOS prompt maupun dalam Windows Explorer. Caranya, pindah ke MS-DOS prompt, lalu ketikkan mkdir yang diikuti dengan spasi. Tekan dan tahan tombol [Alt], ketikkan 0255, lalu lepaskan [Alt]. Pengetikan 0255 dilakukan dengan menggunakan keypad numerik.

Membuat icon dari .bmp

Kalau Anda sudah bosan dengan icon-icon yang Anda miliki Anda bisa mencoba icon yang lain yaitu dari file .bmp. Caranya, gantilah file .bmp tersebut menjadi .ico (misalnya gambar.bmp menjadi gambar.ico. Cara yang lain : misalnya Anda ingin mengganti icon dari suatu shortcut. Pertama klik kanan pada shortcut dan pilih Properties. Pindah pada tab Shortcut dan pilih Change Icon. Setelah itu browse ke folder yang menyimpan file .bmp Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar