Rabu, 04 November 2009

Menjadikan Browser Portable Firefox Sebagai Default Browser di Windows XP

Menjadikan Browser Portable Firefox Sebagai Default Browser di Windows XP Banyak orang yang lebih menyukai aplikasi portable, karena praktis, tidak perlu diinstal dan dengan mudah dibawa-bawa menggunakan tempat penyimpanan portable seperti USB Flashdisk. Namun yang menjadi kendala adalah tidak terintegrasinya software dengan sistem operasi kadang menyebabkan beberapa fungsinya jadi berkurang.

Salah satunya adalah Anda tidak bisa mengaturnya untuk dijadikan sebagai default browser di PC, semua URL yang berasal dari file hTML, PDF, Word, dll dan juga lewat program akan dibuka dengan browser lain yang terinstal. Misalkan Anda khawatir jika URL tersebut tidak aman dan Anda ragu dengan keamanan browser default yang terinstal, tapi Anda tidak ingin menginstal browser lagi ke PC. Kasusnya mungkin seperti ini, jika kita punya Firefox Portable dan Firefox yang terinstal di komputer, maka akan ada dua profil yang berbeda, dan hal ini bisa menyulitkan untuk melakukan sinkronisasi pengaturan, bookmark, password, dan lainnya antar dua browser tersebut. Bukankah lebih praktis kalau kita hanya memiliki satu browser saja?

Untungnya ada seorang programmer yang punya pikiran sama seperti di atas. Ramesh Srinivasan telah membuat sebuah software gratis untuk mengatasi kelemahan browser portable, tapi hanya versi portable dari browser Firefox saja yang didukung, dan tidak untuk browser portable yang lain. DefaultBrowser memungkinkan kita untuk dapat menjadikan sebuah browser menjadi browser default pada salah satu user profile di Windows XP tanpa mempengaruhi user lain.

DefaultBrowser


Jadi, semua link menuju web dapat langsung dibuka dengan browser yang diinginkan. Sebenarnya pengaturan ini juga bisa dilakukan melalui jendela Control Panel > Add or Remove Programs > Set Program Access and Defaults. Tapi, perlu diketahui juga kalau pengaturan tersebut hanya bisa diakses jika kita masuk ke Windows sebagai Administrator dan pengaturannya berlaku global untuk semua user yang terdaftar di Windows. Dan untuk browser portable tidak akan muncul pada daftar pilihan default browser, karena tidak terinstal di sistem.

Set Default Programs


Untuk itulah mengapa software DefaultBroser ini bisa bermanfaat sekali bagi para pengguna browser portable dan juga pengguna browser di Windows. Semoga kedepannya terus dikembangkan lagi sehingga dukungannya bisa diperluas untuk tipe browser portable lain selain Firefox dan platformnya selain Windows XP.

Cara mengatur browser Firefox Portable sebagai default browser di salahs atu user profile di Windows XP:
  1. Unduh DefaultBrowser dan ekstrak dari dalam file ZIP
  2. Karena aplikasi ini portable, maka langsung jalankan file exe dan pilih Firefox Portable dari daftar browser, lalu klik Apply
  3. Pada kotak dialog Browse, pilih lokasi dimana file FirefoxPortable.exe berada.
  4. Setelah itu Firefox Portalbe Anda sekarang sudah menjadi default browser untuk akun user yang saat itu Anda pakai.


Catatan:
  • Jika browser yang Anda inginkan tidak terdapat di dalam daftar, pada kasus ini klik tombol Browse di bagian for other browsers dan arahkan ke lokasi file exe browser yang ingin dipakai sebagai default browser.
  • Untuk membatalkan pemilihan browser default yang telah dilakukan, cukup buka kembali DefaultBrowser dan pilih tombol Reset.
  • Penting: Jika Anda menggunakan browser Firefox Portable dari USB Flashdisk, kemungkinannya huruf drive bisa berubah-rubah tergantung jumlah drive yang saat itu ditancapkan ke PC, jika itu terjadi maka Firefox Portable menjadi tidak dapat berfungsi lagi sebagai default browser. Misalkan Anda menambahkan/ mengurangi drive di PC, maka Firefox Portable harus diregister ulang seperti langkah-langkah di atas untuk huruf drive yang baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar