Kamis, 26 November 2009

Cara Merubah Gambar Ikon pada Mac

Dalam dunia komputer, ikon adalah lambang dari sebuah aplikasi. Dalam bahasa marketing, ikon adalah bungkus dan salah satu titik jual.

Mac terkenal sekali dengan tampilan ikon yang menarik dan halus. Apple telah menentukan standar ikon sangat tinggi yang pihak luar harus sesuaikan atau bahkan melebihi ketentuan tersebut.

Giving Files & Folders Some Personalities

Meski pengguna Maca dapat memberi makan mata mereka dengan ikon menarik dari Mac, beberapa hal umum selalu memiliki ikon yang sama. Ikon tersebut adalah ikon untuk folder anda.

mac icons

Ikon ini tidak harus dirubah semuanya. Cukup ubah yang anda inginkan saja. Setidaknya ada dua cara cepat dan mudah untuk merubah ikon ini.

Getting Mac Icons

Dikarenakan perbedaan format file, anda tidak dapat menggunakan ikon Windows dalam Mac - dan sebaliknya. Ikon Mac dalam bentuk format .icns sementara Windows dalam .ico.

Banyak sekali website yang menyediakan ikon gratis untuk diunduh bagi Mac. Tapi sebuah jasa untuk membuat ikon Mac anda sendiri sangatlah jarang. Satu-satunya yang dapat ditemukan adalah iConvert. Jasa ini akan membantu anda untuk merubah gambar yang anda miliki menjadi ikon untuk Mac. Jasa ini juga dapat merubah gambar menjadi ikon dan ikon ke ikon untuk platform lainnya seperti Windows dan Linux.

create new icons mac

Untuk menggunakan iConvert, anda memerlukan untuk mencari dan meng-upload gambar atau ikon dan klik "Convert". Sesederhana itu saja. Setelah proses selesai, ikon akan tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux. Semuanya siap untuk anda unduh.

mac icons

Changing Icons

Mengganti ikon sangatlah mudah. Anda cukup memilih sebuah file atau folder dengan ikon yang anda ingin ganti dan tekan Command + I (or File –> Get Info menu) untuk membuka layar File/Folder Info.

icons for mac

Lalu bawa dan taruh ikon baru anda untuk mengganti gambar ikon pada pojok kiri pada layar Info.

icons for mac

The Automatic Method

Cara di atas dapat dilakukan secara offline dalam sebuah cara yang lebih sederhana dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi kecil bernama img2icns. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk bayar dan gratis -- dengan beberapa fitur hilang tentu saja. Tapi versi gratis sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Cukup bawa dan taruh gambar yang anda ingin ubah menjadi ikon ke dalam img2icn dan akan secara otomatis berubah menjadi ikon.

icons for mac

Langkah berikutnya adalah bawa dan taruh lagi. Kali ini, yang dibawa dan ditaruh adalah file atau folder yang ingin diubah. Ikon baru akan menggantikan ikon sebelumnya dengan cepat.

free mac icons

Selain itu, anda dapat menyimpannya dalam bentuk .icns untuk digunakan lain kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar